Punggung Tidak Mulus

Mengapa punggung seperti berjerawat? Kadang malah terdapat seperti bisul. Apakah itu? Mengapa demikian?

Semua orang ingin memiliki kulit yang sehat. Pada sebagian orang, memiliki kulit punggung yang mulus menjadi impian. Namun sayangnya, pada banyak orang sering didapati keluhan punggung yang tidak mulus seperti berjerawat, bahkan kadang-kadang disertai bisul.  Keluhan tersebut pun muncul di daerah dada, bahkan sampai di daerah bahu dan lengan atas.

Benar, bisa jadi hal tersebut memang jerawat. Terjadinya jerawat di punggung sama seperti proses terjadinya jerawat di wajah. Jerawat biasanya muncul di daerah yang banyak memiliki kelenjar sebasea, yaitu wajah, leher, dada, punggung, bahu, lengan atas.

Kemungkinan lain adalah folikulitis atau radang folikel rambut yang disebabkan jamur Malasesia spp. yang tumbuh berlebihan di kulit. Gambarannya hampir serupa dengan jerawat, dan biasanya dapat disertai gatal. Lokasinya pun serupa dengan lokasi jerawat.

Untuk menghindari hal ini, yang perlu dilakukan antara lain:

  • Hindari penggunaan minyak (minyak zaitun, minyak kayu putih, minyak pijit, balsam, dll) atau pelembab   dengan bahan dasar minyak pada dada, leher, punggung, bahu, lengan atas
  • Hindari keringat berlebihan
  • Mandi secara teratur minimal 2x/hari menggunakan sabun
  • Ganti pakaian jika basah ataupun berkeringat untuk menghindari kelembaban

 

Jika sudah terdapat keluhan jerawat atau bisul pada dada, leher, punggung, bahu, lengan atas, berobatlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin Anda untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.  Seperti halnya jerawat pada wajah, kelainan seperti ini pada dada, leher, punggung, bahu, lengan atas seringkali meninggalkan bekas yang tidak diinginkan berupa bercak hitam maupun jaringan parut. Dada, leher, punggung, bahu, lengan atas memiliki risiko meninggalkan jaringan parut maupun keloid lebih besar dibandingkan wajah.

©dr. Maharani, SpKK

Leave a comment